Warga Sambik Elen Tidak Dapat Menjemput Bantuan Logistik karena Terkendala Jalan Rusak

Situasi di tempat pengungsian Desa Sambik Elen pascagempa Lombok (8/8/2018). (Sumber: Facebook Pemdes Sambik Elen)

Seluruh dusun di Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, NTB telah menerima informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait dengan kebutuhan logistik yang dijemput di Posko Tanjung. Sayangnya, tidak semua desa dapat mengambil bantuan tersebut. Salah satunya adalah Desa Sambik Elen yang terkendala kondisi jalan yang mengkhawatirkan. Mulanya, kebutuhan logistik memang akan diserahkan ke tiap Posko Desa, namun karena kekurangan armada, BNPB menunjuk Posko Tanjung sebagai lokasi penjemputan bantuan.

Herman, Operator Website Desa Sambik Elen menjelaskan bahwa kondisi jalan menuju Tanjung sangat mengkhawatirkan sehingga pihak desa belum berencana untuk menjemput. “Warga saat ini hanya bisa menunggu. Semoga besok keadaan lebih baik sehingga kami dapat bergerak mengupayakan logistik untuk warga,” jelasnya ketika dihubungi melalui WhatsApp pada Kamis (9/9/2018).

Hari ini (9/9/2018), warga hanya menerima bantuan satu kali. “Jumlahnya pun hanya 9 dus,” jelasnya. Terkait dengan akses info dari posko utama, Herman mengatakan bahwa Kecamatan Bayan secara khusus tidak mendapat informasi resmi dari Pemerintah Daerah terkait kesiapan bantuan tersebut. Pemkab dan semua relawan juga masih fokus membantu di wilayah Tanjung. “Jadi, kami di Kecamatan Bayan belum menerima distribusi logistik. Saat ini warga hanya bisa menunggu,” katanya.

Siang tadi, gempa kembali mengguncang Lombok dengan kekuatan 6.2 SR. Herman menjelaskan tidak ada korban jiwa dari gempa tersebut. Namun, beberapan tebing mengalami longsor ringan.

Lamia PD

Staf Komunikasi CRI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.