Tenda Layak Huni Menjadi Kebutuhan Mendesak bagi Pengungsi

Sebagian pengungsi Gempa Lombok belum mendapatkan tenda yang layak. Padahal, kebutuhan terhadap tenda untuk para korban sudah samakin mendesak. Begitu pula kebutuhan terpal atau alas tidur untuk korban. Hal ini dirasakan oleh para pengungsi Sokong, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara yang masih kekurangan tenda. Wira Susanto, Operator Website Desa Sokong menjelaskan bahwa korban masih belum mendapatkan tenda yang layak. “Selain tenda, kami juga kekurangan terpal, tikar dan selimut. Padahal, banyak anak kecil yang membutuhkannya,” kata Wira pada Selasa (14/8/2018).

Keadaan Tenda Pengungsian di Desa Sokong (Wira Susanto/Operator Website Desa Sokong)

Hal yang sama juga dialami oleh warga Desa Sambik Elen. Herman, Operator Web Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara menjelaskan bahwa masih banyak korban yang belum memiliki terpal sehingga sebagian masih menumpang di KK lain. “Padahal, warga masih akan terus mengungsi,” jelasnya. Melansir dari laporan Media Komunitas Speaker Kampung, warga di Lombok Timur juga kesulitan mendapatkan terpal. Saat ini warga hanya menggunakan terpal bekas.

Kebutuhan akan tenda layak menjadi hal yang semakin penting. Apalagi sebentar lagi memasuki musim hujan sehingga dibutuhkan tenda yang kuat dan kokoh. Idha Saraswati, salah satu “Tikus Darat” CRI yang minggu lalu bertugas di lapangan menjelaskan bahwa hujan gerimis mulai turun di beberapa wilayah seperti Mataram. Hal ini semakin menguatkan kebutuhan tenda yang harus dipenuhi. Persoalannya situasi pascagempa saat ini belum optimal ditanggulangi. Sementara itu musim penghujan dapat dapat menambah penghambatan proses penanggulangan.

Kondisi tenda pengungsia di Desa Sokong, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (Wira Susanto/Operator Web Desa Sokong)

Lamia PD

Staf Komunikasi CRI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.