Penyintas Desa Gondang Terpaksa Bangun Posko Pengungsian di Desa Lain

Lahan persawahan di Desa Bentek, Kecamatan Gangga, yang digunakan sebagai posko pengungsian oleh warga Desa Gondang (15/8/2018). (Irman Ariadi/JALIN Lombok)

Warga dari empat dusun di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara terpaksa mendirikan posko pengungsian di desa lain. Posko tersebut berlokasi di Dusun Pasiran 1, Desa Bentek, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Menurut laporan Irman Ariadi, anggota “Tikus Darat “ CRI yang mewawancarai Abdul Karim, Kepala Seksi Pemerintahan Desa Gondang, hal tersebut dilakukan karena padatnya pemukiman. “Mereka tidak menemukan tanah lapang yang aman untuk digunakan sebagai posko pengungsian,” jelas Irman melalui WhatsApp pada Rabu (15/8/2018).

Lokasi yang digunakan warga sebagai posko pengungsian sementara adalah sawah milik perseorangan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Lombok Utara. Abdul mengatakan bahwa pemilik tanah merelakannya untuk digunakan oleh para penyintas. Di tempat tersebut, warga membangun 78 tenda untuk 1.668 jiwa dari empat dusun, yakni Lokok Timur, Lokok Utara, Lokok Tenggara, dan Lokok Selatan.

Kondisi posko pengungsian mandiri warga Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara (15/8/2018). (Irman Ariadi/JALIN Lombok)

Meski begitu, penyintas tidak dapat bertahan di posko tersebut terus-menerus karena diperkirakan dua minggu lagi akan memasuki musim penghujan. Hujan di areal persawahan dapat menimbulkan tanah becek sehingga tidak cocok untuk dijadikan posko pengungsi, terutama bagi balita. Setidaknya, terdapat 225 balita di posko tersebut yang membutuhkan tempat pengungsian layak tinggal. Menanggapi hal tersebut, Abdul mengatakan bahwa saat ini pemerintah Desa Gondang telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara untuk mengajukan tempat baru yang lebih layak. (LPD/FFP)

Ferdhi FP

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.