Meraih Bantuan melalui Kopi

0
Peralatan yang biasa digunakan Anton untuk mengolah kopi rusak akibat gempa Lombok (5/08/2018). (Irman Ariadi/Tikus Darat)

Dua hari setelah gempa (7/8/2018), Darto Suharsanto atau Anton mengunggah potret situasi Gempa Lombok di akun facebooknya. Tidak berselang lama setelah itu, warga Dusun Kertaraharja, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara tersebut mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri karena unggahannya. “Bantuan tersebut berasal dari pembeli kopi saya,” ucap Anton pada Irman Ariadi, anggota “Tikus Darat” CRI, Rabu (15/8/2018).

Anton merupakan pengrajin Kopi Bambu di Dusun Kertaraharja. Sejak tahu 2012, ia mulai mengelola cinderamata berupa kopi yang dikemas di dalam bambu. Cinderamata tersebut menjadi salah satu oleh-oleh khas Dusun Kertaraharja sekaligus menjadi ladang usaha warga. Setidaknya 40 orang tergabung dalam kelompok yang dibina oleh Anton.

Rupanya, usaha warga dalam mengolah kopi menjadi cenderamata yang apik tidak berhenti sebagai buah tangan para turis semata, tetapi juga menjadi sarana mencari bantuan ketika gempa melanda. Hal itu spontan dilakukan oleh Anton. Ia berinisiatif membagikan peristiwa yang terjadi di dusunnya. Alhasil, beberapa bantuan berdatangan. “Saya jadi penyalur saja. Semua bantuan tersebut kami bagikan ke posko-posko resmi supaya pembagian merata ke setiap dusun,” ujarnya.

Pascagempa, usaha Kopi Bambu yang dikelola oleh Anton otomatis lumpuh. Peralatan yang biasa ia gunakan, baik untuk mengolah kopi maupun mengukir bambu untuk kemasan, otomatis rusak total. Meski begitu, ia bersyukur karena Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & UMKM berjanji akan mengganti peralatan yang digunakannya. “Semua akan mereka ganti agar kami bisa tetap memproduksi,” ujarnya.

Kopi yang diolah oleh Anton dikemas dengan bambu dan aluminium voil. (Irman Ariadi/Tikus Darat)

Lamia PD

Staf Komunikasi CRI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.